Minggu, 23 November 2014

Pencemaran Air dan Sungai

Sekarang ini banyak terjadinya pencemaran sungai  dan air. Sungai yang dulunya jernih bahkan bisa di pakai untuk mandi sekarang sudah menjadi lautan sampah. Air nya berwarna keruh dan hitam, serta banyak sampah- sampah plastik yang megambang, menimbulkan bau yang tidak sedap. Mengatasi pencemaran air dan sungai bukanlah masalah yang mudah, butuh waktu lama bahkan sampai bertahun- tahun untuk membuat sungai kembali menjadi bersih.

Di dalam sungai yang dulu terdapat banyak ikan dan hewan air lainnya sekarang telah berubah. Di sungai- sungai yang kotor, ikan akan mati begitu saja. Apalagi sekarang banyak orang yang malah sengaja membuang sampah ke sungai. Selain sampah, pencemaran air sungai juga di sebabkan oleh limbah pabrik, limbah pabrik yang berisi dengan zat- zat yang beracun membuat sungai menjadi keruh dan ikan- ikan yang berada di dalamnya pun mati. Tak heran jika sekarang kita susah untuk menemukan sungai yang airnya masih jernih.


Kesadaran masyarakat akan di butuhkannya sungai yang bersih pun menurun, sekarang malah orang- orang sengaja membuang sampah rumah tangga nya ke sungai, bahkan untuk mereka yang hidup di pinggiran sungai, hal ini sudah menjadi kebiasaan. Sungai yang terus menerus di cemari oleh limbah pabrik dan juga sampah- sampah tidak lah sehat. Bahkan banyak sungai- sungai itu yang menyebabkan virus dan bakteri penyebab penyakit. Orang- orang yang hidup di pinggiran sungai yang keruh tentu tidaklah baik untuk kesehatan mereka. Belum lagi jik terjadi hujan yang deras, kemungkinan besar air sungai bisa meluap ke daratan yang meyebabkannya terjadi banjir.

Hal ini tentu tidak diinginkan oleh semua orang. Sungai yang tercemar dan di penuhi sampah juga bisa menyebabkan terjadinya banjir. Ketika hujan yang turun cukup deras dan sungai sudah tidak dapat menampung air hujan tersebut di karenakan sampah yang menumpuk, akhirnya air sungai itu tumpah ke daratan, dan hal ini membuat banjir yang menggenangi pemukiman warga. Di butuhkannya kesadaran masyarakat semua untuk tidak lagi mencemari sungai yang merupakan sumber kehidupan mereka. Tanpa air yang bersih, maka kesehatan mereka pun akan terganggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar