Minggu, 23 November 2014

Terjadinya Pencemaran Tanah

Pencemaran lingkungan hidup kini terjadi dimana- mana, karenanya sekarang semua lingkungan hampir tercemari, seperti air, udara bahkan tanah pun ikut tercemari. Pencemaran tanah yang biasa kita tahu adalah banyaknya sampah yang menggunung di beberapa lingkungan, mereka yang tidak memiliki kesadaran akan perlunya kebersihan dan kesehatan lingkungan, membuang sampah mereka di mana saja, bahkan mereka juga tidak menghiraukan untuk membuang sampah di dekat pepohonan dan tanaman- tanaman hijau. Karena terjadinya pencemaran tanah yang di akibatkan sampah, maka tanah pun membusuk karena bercampurnya dengan sampah, menimbulkan bbau yang tidak sedap, bahkan tanaman dan pohon di sekitarnnya pun ikut layu karena bau yang ditimbulkan merusak udara di sekitarnya.

Selain itu banyak orang juga yang sengaja membuang sampah mereka di pinggir- pinggir jalanan, hal ini tentu sangat mengganggu pemandangan, lingkungan menjadi semakin kotor, tanah pun tidak bersih lagi dan pemandangan pemukiman warga menjadi tidak indah lagi. Hanya beberapa orang yang masih sadar akan pentingnya menjaga lingkungan hidup agar tetap bersih. Kesadaran dari masyarakat memang sulit untuk di peroleh, mereka sangat membutuhkan lingkungan yang bersih demi kelangsungan hidup mereka dan anak cucu mereka, namun mereka juga yang merusak lingkungan mereka sehingga banyak pencemaran tanah, air dan udara dimana- mana.


Sampah yang mereka buang tidak semua nya bisa hancur dan menyatu dengan tanah, sebaliknya banyak sampah- sampah anorganik yang tidak dapat di uraikan, namun masih banyak orang- orang yang tidak sadar akan pentingnya menjaga kebersihan untuk membuang sampah berdasarkan jenisnya. Botol- botol plastik banyak bertebaran di jalanan, tentu hal itu sangat merusak pemandagan, botol plastik ini tidak akan bisa di uraikan dalam waktu singkat, bahkan butuh waktu lama sampai bertahun tahun untuk membuat botol- botol itu hancur dengan sendirinya.

Maka di sinilah sekarang ini di setiap lingkungan di sediakan tempat sampah dalam dua jenis. Hal ini agar kita membuang sampah itu di bedakan berdasarkan jenisnya. Lingkungan hidup merupakan tempat tinggal kita yang berharga, maka keasrian dan kebersihannya pun harus kita jaga. Jangan kita cemari lingkungan hidup kita dengan tangan kita, namun bangunlah lingkungan hidup kita menjadi lebih baik untuk masa depan anak- anak kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar