Senin, 27 Oktober 2014

Menulis Proposal untuk Acara Sekolah

Proposal adalah rencana program yang merupakan rancangan kerja agar suatu kegiatan bisa berjalan dengan baik dan lancar. Dengan adanya proposal kita bisa membuat perencanaan terlebih dahulu tentang acara atau kegiatan apa saja yang akan kita buat. Perencanaan tersebut melibatkan diri kita sebagai individu dan juga kelompok.
Bagi kalian yang berstatus pelajar, pasti materi menulis proposal dalam pelajaran bahasa indonesia sudah sering  diajarkan. Proposal memang berguna untuk menentukan rancangan kegiatan mana yang akan kita gunakan. Proposal juga bertujuan untuk memberitahukan acara atau kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan, besarnya biaya yang akan dikeluarkan, dan berfungsi sebagai sumbangan dan juga persetujuan.

Bagi kalian yang masih bersekolah, mungkin banyak dari kalian yang bergabung ke salah satu ekskul atau organisasi tertentu di sekolah yang harus melibatkan pembuatan proposal dan meminta persetujuan dari pihak- pihak tertentu. Biasanya dibutuhkan tanda tangan atau persetujuan dari kepala sekolah, wakasek, kepala kurikulum dan wakil kurikulum.

Sebagai seorang pelajar, kita harus belajar  untuk membuat proposal dengan sebaik dan serapi mungkin, karena proposal akan ditujukan kepada pihak- pihak yang memiliki kewenangan di sekolah dan juga yang membuat aturan di sekolah, maka kita sebagai pelajar harus menggunakan bahasa yang formal. Tentu dengan bahasa yang sopan dan dengan kalimat yang tidak bertele- tele dan mudah di mengerti.

Dalam membuat proposal  juga hal penting harus diperhatikan, misalnya tentang mengungkapkan fakta yang akurat. Dalam pembuatan proposal, kita harus mencatumkan dana yang dibutuhkan oleh kegiatan yang akan kita selenggarakan, dan tentu saja dana itu harus sesuai dengan fakta dan keadaan yang sebenarnya. Kita tidak boleh menngubahnya atau memnipulasinya demi keuntungan kegiatan kita.

Proposal harus mengandung fakta atau hal yang sebenarnya. Mau dari kegiatan atau acara yang akan di selenggarkan dan juga pastinya jumlah dana yang dibutuhkan. Hal ini juga berpengaruh karena proposal juga ditujukan sebagai alat untuk mencari sumbangan dana untuk acara atau kegiatan yang akan kita laksanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar